Penyerahan Pallium kepada Mgr. Kornelius Sipayung

387
Msgr. Piero Pioppo saat mengalungkan Pallium kepada Mgr. Kornelius Sipayung (Foto: Ananta Bangun)

KAM – Minggu 15 Desember 2019, Mgr. Kornelius menerima Pallium yang dikalungkan langsung  oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Msgr. Piero Pioppo.  Acara tersebut digelar dengan Misa Minggu Adven III di Gereja Katedral Medan. Pallium yang dikalungkan ke Mgr. Kornelius merupakan lambang anak domba, yang oleh kristus diserahkan kepada Petrus untuk digembalakan.  Hal ini juga disampaikan oleh Msgr. Piero Pioppo pada saat memberikan kata sambutan. Ia juga mengatakan dengan dikenakan nya Pallium tersebut, maka Mgr. Kornelius Sipayung harus memelihara dan menjaga persekutuan gerejawi dalam iman dan kasih.

Peristiwa tersebut dihadiri oleh dua Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan, yaitu  Mgr. A.G. Pius Datubara, OFMCap dan Mgr. Anicetus Sinaga, OFMCap. Selain kedua Uskup Emeritus KAM tersebut, turut hadir juga Uskup Tanjung Karang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono.

Pallium yang dikalungkan kepada Mgr. Kornelius merupakan salah satu busana gerejawi dalam Gereja Katolik Roma, yang awalnya hanya dikhususkan bagi Sri Paus. Namun seiring berjalannya waktu, selama berabad-abad dianugerahkan oleh Paus kepada para Uskup Agung Metropolitan. Pallium tersebut berupa sehelai selempang yang saat dikalungkan akan berbentuk huruf “Y”. Pallium tersebut dikenakan melingkar pada pundak diatas kasula, dan kedua ujungnya masing-masing menjuntai di depan dan belakang. Dan biasanya Pallium tersebut hanya akan diterima oleh para Uskup Agung Metropolitan. (Vinny)