Peletakan Batu Pertama Pastoran dan Aula – Paroki St. Antonius Padua Tiga Dolok

112

Hari Minggu 04 Desember 2022, di Pekan Adven II, umat Paroki St. Antonius Padua Tiga Dolok berbahagia dan bersyukur dalam Misa Pelatakan Batu Pertama Pastoran & Aula Paroki yang dipimpin oleh Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap. Dalam perayaan ini hadir Vikep Pematangsiantar RP. Fridolinus Simanjorang OFM Cap, Minister Provinsial Maria Tak Bernoda Indonesia RP. Cornelius Tri Chandra Fajariyanto, OFMConv, para pastor OFM Konventual Indonesia, para pastor OFM Kapusin Medan, biarawan-biarawati, Vikjen: RP. Mikael Manurung,OFMCap (saat acara ramah-tamah), mahasiswa/i STP St. Bonaventura Medan, Mahasiswa/i UNIKA St.Thomas Medan, dan umat yang diperkirakan lebih dari 5000 orang.

Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap dalam homilinya berdoa dan mendukung pambangunan pastoran dan sarana lainnya, “Meletakkan batu yang pertama pembangunan gedung Pastoran dan AULA untuk tujuan sarana pastoral dan pelayanan dan pembangunan ini akan selesai dan diberkati pada tahun depan Minggu Kristus Raja Semesta Alam”.

Setelah Perayaan Misa Pelekatan Batu Pertama, dilanjutkan dengan ramah tamah di halaman Paroki. Dalam kesempatan ramah tamah, hadir Gubernur Sumatera Utara Bpk. Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Anggota DPR RI Hinca Panjaitan, Wakil Bupati Simalungun, Sekda Kab. Simalungun, Tokoh Katolik Drs. Yohannes Sembiring, MPd, M. Kes, Parlindungan Purba SH, Kapolres Simalungun dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pastor RP. Joseph Lesta S. Pandia, OFMConv mengatakan, “bersyukur atas dukungan Bapa Uskup Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap dan senang atas kehadiran Gubernur dan Kapolda Sumatera Utara. Menurut P. Pandia rencana pembangunan ini sudah sejak tahun 2016 dan Bapa Uskup  juga mendorong dan mendukung pembangunaan Gedung Pastoran, Aula, Gua Maria  serta lokasi  pastoran, aula ditata dengan  baik agar menjadi rest area, wisata rohani mengingat paroki ini berada tepat di jalur lintas nasional menuju destinasi super prioritas Danau Toba.

Gubernur Sumatera Utara didampingi Kapolda Sumatera Utara dalam sambutannya sangat senang akan penyambutan umat paroki Tiga Dolok. Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya juga mengatakan, “infrastruktur ibadah adalah tanggungjawab kita semua. Semua agama menggajarkaan agar manusia agar tidak melakukan perusakan di atas dunia ini, kasih tidak membeda-bedakan agama yang kita anut, apapun agama kita, sifat tolong menolong itu harus ditumbuhkan di dalam diri kita, untuk mendukung pembangunan Pastoran dan Aula Gereja Santo Antonius Padua Tiga Dolok ini, saya membantu sebesar Rp. 500 juta”, kata Gubsu.

Sesudah memberi kata sambutan, Gubsu Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol Panca Simanjuntak, Uskup Mgr. Kornelis Sipayung, OFMCap dan Bpk. Hinca Panjaitan  bernyanyi bersama lagu “O Tano Batak” dan Panita bersama Uskup “mangulosi” Gubsu dan Kapoldasu.   Setelah ramah tamah bersama Gubernur dan Kapolda dilanjutkan dengan makan bersama dan “manortor”,  bersama Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap. Kegitan berlangsung sampai pukul 19.00, dan hasil acara ramah tamah tersebut, terkumpul dana lebih kurang Rp.1 M.  Acara ditutup dengan doa oleh Pastor Paroki.