BULLA, Surat Fransiskus Asisi Untuk Pelantikan Mgr. Kornelius Sipayung Sebagai Uskup Keuskupan Agung Medan

76

BULLA

FRANSISKUS, Uskup Roma, Hamba dari Segala Hamba Allah, kepada putra terkasih Kornelius Sipayung, dari Ordo Fransiskan Kapusin, Uskup Agung Metropolitan Medan terpilih, salam sejahtera dan Berkat Apostolik.

Karena Kami selalu berkeinginan untuk mengemban jabatan Gembala Gereja Universal dengan penuh ketekunan, sehingga semua umat beriman dapat menerima dengan baik air rahmat ilahi yang mengalir untuk kehidupan kekal. Kami telah mengarahkan perhatian kami kepada Takhta Medan, yang menantikan seorang gembala baru, setelah pengunduran diri saudara kami yang terhormat Anicetus Bongsu Sinaga, OFMCap. Oleh karena itu, kami telah memperhatikan Anda, putrakuyang terkasih, sambil merenung bahwa Anda memiliki kapasitas untuk mengemban jabatan ini. Sungguh, Anda telah membedakan diri Anda dalam keluarga Fransiskan melalui kebijakan dan kearifan.

Jadi, setelah mendengarkan opini Kongregasi bagi Penginjilan Bangsa-Bangsa, kami mengangkat dan menetapkan Anda sebagai Uskup Agung Metropolitan Medan, dengan segala hak dan kewajiban yang terkait dengan pelayanan pastoral ini. Kami mengizinkan anda untuk menerima tahbisan episcopal di luar kota Roma dari seorang Uskup Katolik, setelah mengucapkan Pengakuan imam dan Sumpah Kesetiaan kepada Kami dan Penerus Kami, seturut hukum Gereja.

Selanjutnya, Anda akan memberitahukan mengenai pengangkatan Anda kepada klerus dan Umat Allah Anda, yang mana kami mengajak mereka untuk menyambut Anda dengan rasa hormat dan ketaatan.

Terakhir, kami mendorong Anda untuk mengemban pelayanan Anda, dengan kuasa rahmat Allah dan perantaraan Bunda surgawi kita, guna mewartakan kabar gembira Injil dengan berani.

Diberikan di Roma, di Basilika St. Petrus, 8 Desember 2018, Hari Raya Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda, tahun keenam Kepausan kami.

Fransiskus, Paus.