Rabu, Juni 26, 2024
More
    BerandaParokiParoki Cinta Damai

    Paroki Cinta Damai

    Pelindung

    :

    Santo Petrus Rasul

    Buku Paroki

    :

    Sejak 21 Agustus 2018. Sebelumnya beregabung dengan Paroki St. Joseph, Tebing Tinggi dan Paroki Kristus Raja, Perdagangan.

    Alamat

    :

    Jl. Pematang Panjang, Cinta Damai, Kec. Air Putih, Kab. Batubara - 21256

    Telp/HP

    :

    0813 9778 1412

    Email

    :

    st.petrusrasul18@gmail.com

    Jumlah Umat

    :

    1.815 KK / 7.136 jiwa
    (data Biduk per 05/02/2024)

    Jumlah Stasi

    :

    22

    1. Batu Tohap
    2. Cahaya Pardomuan
    3. Cinta Maju
    4. Gunung Rante
    5. Indrapura
    6. Kampung Kelapa
    7. Kuala Indah
    8. Laut Tador
    9. Lima Puluh
    10. Pakam Raya
    11. Pandomayu
    12. Panurunan
    13. Pematang Jering
    14. Pematang Tengah
    15. Sei Deras
    16. Sei rakyat
    17. Simondong
    18. Simpang Dolok
    19. Suka Mulia
    20. Suka Raja
    21. Suka Ramai
    22. Tanjung Muda
    RP. Mathias Mangapul Simarmata, O.Carm
    17.03.‘76
    Parochus
    RP. Mandius Matius Siringoringo, O.Carm
    04.08.'66
    Vikaris Parokial
     

    Sejarah Paroki St. Petrus Rasul Cinta Damai

    A. Sejarah Berdirinya (klik untuk membaca)

    Gereja katolik Stasi Santo Petrus Cinta damai berada di wilayah Kabupaten Asahan Kecamatan Air Putih berdiri pada tahun 1950 yang dipimpin oleh Vooranger Bapak. J.Situmorang (Alm) dengan jumlah Umat 98 KK stasi ini masih bergabung dengan Paroki Tebing Tinggi. Melihat perkembangan umat yang semakin pesat di Desa Gambus nama dulu sekarang Desa Pematang Panjang Cinta damai, maka pada Tahun 1960 Stasi ini memekarkan Stasi Suka Mulia jumlah umat sekarang 90 KK jarak jauh dari stasi induk 5 Km dan Stasi Sukaramai dengan jumlah umat sekarang 80 KK jarak jauh dari stasi Induk 4 Km.

    Setelah memekarkan kedua stasi maka pada tahun 1970 bersamaan dengan Pemekaran kedua Stasi tersebut dan pada saat itu jugalah pergantian Paroki dari Paroki Tebing Tinggi menjadi Paroki Kristus Raja Perdagangan pada tahun 1970 yang berada di wilayah Simalungun. Mengingat Pertambahan Umat yang sangat pesat maka pada tahun 1985 Gereja Katolik Stasi Santo Petrus dapat memekarkan Stasi di kampung Kelapa Umat nya 139 KK yang berada di Desa Pematang Panjang jarak dengan jarak jauh 2 Km dari stasi induk.

    Tahun 2007, Pemekaran Kabupaten Batubara dari Kabupaten Asahan, Pemekaran Kabupaten Batu Bara ada 7 di Kecamatan dengan jumlah Penduduk seluruh 396, 470 Jiwa 121 Desa , sekarang sudah dimekarkan menjadi 12 Kecamatan dengan 153 Desa. Maka penting kirannya Gereja mempertimbangkan hal ini dalam kaitan urusan administrasi gereja dan Pemerintahan sehingga perlu mendirikan Gereja Paroki diwilayah Kabupaten Batubara.

    Pada Maret 2018 diadakan Pertemuan pun bersama Vikep Pastor Mikael Manurung, OFM Cap. Utusan dari KAM Pastor Borta Rumapea,O.Carm, Pastor Mathias Mangapul Simarmata O.Carm Pastor Pastor Donatus Manalu, OSC. Pastor Santo Yosep Tebing tinggi dan Pastor Danrisman Sitanggang, O.Carm dari Paroki Paroki Maha Kudus Kisaran serta. Dari pertemuan inilah mengembang usulan berlanjut hingga pemaparan Profil Kabupaten Batu Bara sampai awal Pengajuan Pemekaran Paroki di kabupaten batu bara di PPU Pematang Siantar pada Rapat Dewan Pastor Keuskupan Agung Medan.

    Pada Mei 2019 diadakan peletakan Batu pertama oleh MGR. Kornelius Sipayung OFM. Cap, yang dihadiri oleh Bapak Bupati Batubara. Sekaligus dalam acara ini diadakan Paskah bersama umat separoki Cinta Damai. Maka pembangunan dapat dilanjutkan pada 16 Maret 2020. Sejak dimulainya pembangunan ini ada pengumuman resmi dari Keuskupan Agung Medan untuk menghentikan sementara kegiatan hidup menggereja karena Pandemi Covid-19 yang melanda Dunia yang terus berlangsung hingga akhir 2021. Sehingga membuat terhambatnya program peresmian Gedung Pastoran dan Sekretariat Paroki.

    Peresmian Paroki baru bisa terlaksana pada tanggal 30 Januari 2022 oleh Uskup Agung Medan. Dalam peresmian ini sekaligus ditetapkan Kuasi Paroki St. Petrus Cinta Damai menjadi Paroki St. Petrus Cinta Damai. Dalam Peresmian ini disekaligus Pemberkatan Gedung Pastoran, Gereja Paroki yang sudah direnovasi total, Gua Maria, Sumber air Suci Gua Maria.

    B. Keadaan Letak Geografis

    Santo Petrus menjadi pilihan paroki ini untuk menjadi pelindungnya. Maka jadilah nama paroki ini disebut Paroki Santo Petrus Cinta Damai. Paroki ini terdiri dari 23 Stasi yang tergabung dalam 4 Rayon yaitu :
    1. Rayon Pakam Raya ( 8 Stasi )
    2. Rayon Indrapura ( 4 Stasi )
    3. Rayon Cinta Damai ( 6 Stasi )
    4. Rayon  Lima Puluh ( 5 Stasi )

    Keempat  rayon atau 23 stasi tersebut tersebar di 1 Kabupaten dan satu Kota, Kabupaten Batubara. Kalau diperhatikan batas-batas Paroki Santo Petrus Cinta Damai adalah sebagai berikut :

    · Sebelah Utara : Berbatas dengan Kabupaten Serdang Bedagai.

    · Sebelah Timur : Berbatas dengan Pantai Perupuk/ Tanjung Bunga atau Pulau sala nama

    · Sebelah Selatan : Berbatas dengan Kabupaten Asahan

    · Sebelah Barat : Berbatas Kabupaten Simalungun.

    Video Profil :
    Lokasi Paroki :
    Artikel sebelumnya
    Artikel selanjutnya

    JADWAL USKUP & VIKJEN KAM

    KALENDER LITURGI

    Terbaru