Rabu, Juni 26, 2024
More
    BerandaParokiParoki Medan Tanjung Selamat

    Paroki Medan Tanjung Selamat

    Pelindung
    :
    Santa Maria Ratu Rosari
    Buku Paroki
    :
    Sejak 1 Agustus 1997. Sebelumnya bergabung dengan Paroki Padang Bulan, Paroki Hayam Wuruk dan Paroki Binjai
    Alamat
    :
    Jl. Flamboyan Raya No. 139 Tanjung Selamat, Medan – 20134
    Telp.
    :
    0812-2088-7204
    Email
    :
    mariaraturosari@yahoo.com
    Website
    :
    parokisantamaria.com
    Jumlah Umat
    :
    1.864 KK / 7.022 jiwa 
    (data Biduk per 05/02/2024)
    Jumlah Stasi
    :
    4
    01. Sei Beras Sekata
    04. Suka Maju
    02. Serba Jadi
    03. Srigunting
    RP. Aaron Taogo'aro Waruwu, OSC
    12.06.'72
    Parochus
    RP. Maximus Manek, OSC
    16.10.’66
    Vikaris Parokial
    RP. Konstantinus Frederikus Jawa, OSC
    17.11.'89
    Vikaris Parokial

    Sejarah Paroki St. Maria Ratu Rosari - Medan Tanjung Selamat

    Sejarah Singkat (klik untuk membaca)
    Awal berdirinya Paroki Santa Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat dari Lingkungan Medan permai yang pada waktu itu masih merupakan calon stasi. Kegiatan rohani dilakukan oleh umat di Gedung Sekolah Sabang Merauke Medan Permai. Setiap minggu ke-IV (empat) umat merayakan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Antonio Razzoli OFM Conv. Nama stasi “Medan Permai” berasal dari Perkumpulan Doa bersama umat yang berasal dari Perkumpulan Doa bersama umat yang berasal dari perumahan Medan Permai, Pemda TK I dan juga dari pinggiran jalan Setia Budi. Setelah itu Pastor mengambil inisiatif untuk memindahkan aktifitas kerohanian ke komplek Sekolah St.Yosep.
    Pada tahun 1987 gedung Gereja Stasi Santa Maria Medan Permai Paroki Santo Paulus Padang Bulan semi permanen selesai dibangun. Pertumbuhan umat ternyata sangat cepat, terlebih dengan munculnya sekolah-sekolah di wilayah pelayanan Stasi Medan Permai antara lain Perguruan Santo Yoseph (SMP-SMA), Assisi (TK-SD-SMP), SMK Grafika dan Unika Santo Thomas. Atas dasar itulah, maka pada tanggal 04 Oktober 1993 gedung Gereja direhab untuk memperbesar daya tampung umat.
    Pada tanggal 06 Agustus 1995 dimulailah pembangunan gedung Gereja yang ditandai dengan “Peletakan Batu Pertama” oleh Uskup Agung Medan diwakili oleh Vikjen KAM, pada waktu itu Pastor Elias Sembiring, OFM Cap. Pada saat Peresmian Gereja tanggal 03 Agustus 1997 oleh Mgr.Alfred Gonti Pius Datubara, OFM.Cap, saat itu juga Stasi Medan Permai diresmikan menjadi Paroki baru dengan nama “Paroki Santa Maria Ratu Rosari” Tanjung Selamat Medan yang terdiri dari 5 Lingkungan (188 KK, 779 jiwa). Dengan ketetapan batas-batas :
    • Sebelah Utara berbatasan dengan Jalan Asoka Pasar 1 Kelurahan Sunggal,
    • Sebelah Selatan berbatasan dengan Jalan Bunga Rinte Raya Simpang Selayang,
    • Sebelah Barat berbatasan dengan Jalan Sembahe Baru Tanjung Anom,
    • Sebelah Timur berbatasan dengan Jalan Bunga Terompet Kelurahan Sempa Kata.
    Pada saat itu juga dilaksanakan penyerahan tugas pengembalaan umat Paroki Santa Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat dari OFM Conv. kepada OSC dan sekaligus ditunjuk Pastor Paroki yang pertama yaitu Pastor Heribertus Kartono, OSC pada tanggal 03 Agustus 1997.
    Jumlah umat sekitar 5 ribuan tersebar di 29 lingkungan di wilayah Gereja Paroki dan 16 lingkungan di wilayah 4 Gereja Stasi yaitu Stasi Santo Gabriel Sei Beras Sekata, Santo Benedictus Srigunting, Santo Yosep Sukamaju dan Santa Maria Bunda Pertolongan Abadi Serba Jadi setelah tugas penggembalaan 2 Stasi yaitu Belimbingan dan Gunung Tinggi diserahkan ke Kuasi Paroki St.Yohanes Paulus II Namo Pecawir Medan Tuntungan pada tanggal 10 Juli 2016.
    Pada wilayah Paroki Santa Maria Ratu Rosari juga terdapat wisata rohani yaitu Graha Maria Annai Velangkanni. Lembaga Pendidikan yang terletak di wilayah Paroki yaitu :
    - Yayasan : Yayasan Don Bosco, Yayasan Santo Thomas, Yayasan Putri Hati Kudus, Yayasan Widya Fralista, Yayasan Bina Media.
    - Sekolah : SMP Santo Yoseph, SMA Santo Yoseph, TK Asisi, SD Asisi, SMP Asisi, SMK Grafika Bina Media, Universitas Katolik Santo Thomas, STIKes Elisabeth, SD Deli Murni Sukamaju, SMP Deli Murni Sukamaju, SD Katolik Sei Beras Sekata.
    Paroki melakukan pelayanan pastoral bagi umat yang majemuk latar belakangnya, baik dari segi suku (Batak Toba, Karo, Simalungun, Jawa, Nias) maupun dari segi pendidikan. Disamping itu Paroki melakukan pelayanan pastoral terhadap beberapa komunitas religius non imam, antara lain:
    1. Komunitas Suster SCMM
    2. Komunitas Suster FCJM
    3. Komunitas Suster FSE
    4. Komunitas Suster KSSY
    5. Komunitas Suster SOSFS
    6. Komunitas Suster KYM
    Disamping pelayanan pastoral, paroki juga melakukan pelayanan antara lain :
    1. Pelayanan Rohani di Rumah Sakit Adam Malik sejak bulan Mei 2013; menyusul pelayanan di Rumah Sakit Bina Kasih Jalan T.B.Simatupang Medan Sunggal pada tahun 2017.
    2. Pelayanan Rohani bagi Panti-panti Asuhan yaitu Panti Asuhan Putera Sai Prema yang bertempat di Jalan Asoka Pasar 1 Tanjung Sari dan Panti Asuhan Puteri St.Lucy Filipini Jalan Flamboyan V No.9 Tanjung Selamat yang dikelola Suster KYM sejak tahun 2019, Panti Asuhan SOS Jalan Seroja Raya Kelurahan Tanjung Sari dan Pelayanan Rohani bagi Rehabilitasi Narkoba “Rumah Kita” Jalan Bougenville yang dikelola oleh Suster-suster KSSY.
    3. Pelayanan Kategorial lain yaitu PIK, KKMK, Monika, Legio Maria dan KTM; tahun 2017 dibentuk Pelayanan Kategorial Lansia. Begitu pula Pelayanan Kategorial untuk Asrama Putri Universitas Katolik Santo Thomas.
    4. Sejak April 2014, Uskup menyerahkan pelayanan pastoral STIKes Elisabeth kepada Paroki Santa Maria Ratu Rosari.
    5. Untuk perkembangan selanjutnya pelayanan tentu mengikuti arahan dan pedoman dari reksa pastoral Keuskupan Agung Medan.
    Pada saat ini jumlah lingkungan di Paroki Santa Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat sebanyak 47 lingkungan yang dibagi dalam 5 rayon/regional yaitu :
    1. Rayon I : 7 lingkungan
    2. Rayon II : 7 lingkungan
    3. Rayon III : 4 lingkungan
    4. Rayon IV : 13 lingkungan
    5. Rayon V : 16 lingkungan
    Saat ini Paroki Santa Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat juga dalam proses pembangunan gereja kuasi stasi tanjung anom, yang umat lingkungannya berada di wilayah rayon IV. Sehingga total gereja stasi dibawah naungan Paroki Santa Maria Ratu Rosari berjumlah 5 gereja, yaitu :
    1. Stasi Santo Gabriel Sei Beras Sekata,
    2. Stasi Santo Benedictus Srigunting,
    3. Stasi Santo Yosep Sukamaju
    4. Stasi Santa Maria Bunda Pertolongan Abadi Serba Jadi
    5. Kuasi Stasi Tanjung Anom
    Data jumlah jiwa umat paroki santa maria ratu rosari per tanggal 15 Februari 2022 sebanyak 6.556 jiwa.
    Demikian situasi perkembangan paroki Santa Maria Ratu Rosari hingga saat ini dan sangat nampaklah dinamika perjalanan sejarah paroki ini.
    Video Profil :
    Lokasi Paroki :
    Artikel sebelumnya
    Artikel selanjutnya

    JADWAL USKUP & VIKJEN KAM

    KALENDER LITURGI

    Terbaru