Pertemuan BKSN III

19

Keluarga Melayani Di Dalam Gereja ==> Download

Penginjil Lukas mengatakan, “Maria terus mendengarkan perkataan Yesus, sedang Marta sibuk melayani” (ayat 39-40). Penginjil Lukas menempatkan tindakan Maria dan Marta dalam posisi sejajar. Penginjil tidak bermaksud menilai. Dia juga tidak menyuruh kita membuat pilihan. Marta telah berusaha menjadi tuan rumah yang baik. Tentu saja Yesus sangat menghargai keramahan Marta sekeluarga dalam menyambut-Nya dan rombongan. Pelayanan keluarga itu sungguh menyenangkan Yesus dan rombonganNya yang sedang dalam perjalanan ke Yerusalem.

Tetapi Yesus mau memberi arti yang lebih dalam atas pertemuan itu. Ketika berhadapan dengan Yesus, ada sesuatu yang lain yang perlu. Maria menangkap maksud kedatangan Yesus. Duduk mendengarkan Yesus adalah bagian yang baik dan Maria telah memilihnya. Mengasihi Yesus pertama-tama mulai dengan mendengarkan Dia.
Memberikan bantuan kepada gereja tentu merupakan perbuatan yang terpuji. Namun, jika kita hanya sebatas memberi bantuan saja tanpa ikut memaknai ajaran dari gereja itu sendiri, tentulah kurang lengkap rasanya. Karena itu, mendengar sabda Allah juga merupakan bagian dari melayani di dalam gereja, tidak hanya memberi bantuan ini dan itu. Maria telah memberi teladan tentang itu.