Persiapan Bahan Katekese Inisiasi

15

Untuk semakin memantapkan kesiapan para katekis yang akan mendampingi calon penerima sakramen inisiasi, Paroki Santo Peturs dan Paulus, Jl. Asahan Pematangsiantar mengadakan pembekalan. Pembekalan itu berlangsung selama satu hari (19-20 September). Dengan cukup antusias sekitar 20 orang setia mengikuti pembinaan itu. Komisi Kateketik Keuskupan Agung Medan hadir sebagai pemberi materi, sekaligus memfasilitasi bahan-bahan pertemuan untuk para calon penerima sakramen. Bahan yang disediakan berupa tiga buah buku, yakni: Persiapan Sakramen Baptis, Sakramen Krisma, Menjadi Saksi dan Komuni Pertama (Ekaristi).

Salah satu cara pendampingan yang ditawarkan oleh komisi lewat buku itu ialah dengan melibatkan peserta sebanyak mungkin. Metode itu mereka sebut dengan metode katekese menjemaat. Para peserta sejauh mungkin diajak untuk mengungkapkan pendapat, pemahaman dan perasaannya. Para pendamping bukan lagi bertindak sebagai pengajar, tetapi sebagai pemandu yang mengarahkan peserta pada tujuan utama pertemuan. Pendamping yang baik seyogianya memberikan kesimpulan.

Diharapkan lewat pendampingan yang semakin tertata dan terprogram, para calon penerima sakramen khususnya inisiasi semakin mengalami iman yang mantap dan militan. Bpk Wendi sebagai ketua seksi Katekese Paroki mengungkapkan harapannya, agar lewat pembekalan ini, para katekis mampu mempersiapkan para calon krisma yang sebentar lagi akan diadakan di paroki. Dengan demikian penerimaan sakramen khususnya inisiasi tidak berlalu begitu saja, tetapi memberi kesan yang menyenangkan bagi umat beriman. Salam sukacita (ES)