Headline

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner
banner
banner
banner

Paroki Baru

Sabtu 29 Oktober 2016 Pada hari ini Keuskupan Agung Medan menambahkan sejaran penting dalam perjalanannya karena: 1. Pada Hari ini adalah hari Penetapan Kuasi Paroki St. Yohanes Paulus II menjadi…

Agenda Bapak Uskup

Hari ini Bapak Uskup Mgr. Anicetus B. Sinaga di Tiga Dolok.  Bapak Uskup memberkati gedung sekolah yang dikelola oleh Suster FCJM.  Kemudian Bapak Uskup juga akan memimpin upacara pendedikasian kapel…

Maria yang Berdukacita

Peringatan Santa Perawan Maria Berdukacita Hari ini Gereja sungguh berbahagia karena Bunda Maria ada selalu bersamanya. Bunda Maria memberikan pengajaran iman yang benar untuk dapat sampai kepada Allah melalui Yesus…

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Kewajiban Menyatakan Iman

Oleh Tim Sekretariat Sinode

Pada Bab Tujuh Tata Laksana Sinode VI bagian NORMA-NORMA PROSEDURAL, khususnya pada  ayat 2 tertulis:
(2) Semua Anggota Sinode menyatakan pengakuan iman sebagaimana diaturkan dalam Kitab Hukum Kanonik.

Kewajiban itu ditulis dalam Kan 833. Siapa saja yang diwajibkan menyatakan iman secara pribadi?

Selanjutnya...

 

Instruksi tentang Sinode Keuskupan

Oleh Tim Sekretariat Sinode

06.    Dalam Info Sinode kemarin, sudah dikemukakan upaya menyiapkan Tata Laksana Sinode VI Keuskupan Agung Medan. Tata Laksana itu mengacu pada “Instruksi tentang Sinode Keuskupan” yang diterbitkan oleh Kongregasi Uskup dan Kongregasi Evangelisasi Bangsa-bangsa, 19 Maret 1997 (lih. Enchiridion Vaticanum 16/266-319) dan “Pedoman Pelayanan Pastoral para Uskup” Apostolorum Successores (22 Februari 2004), No. 167-176. Kedua dokumen ini bersama Kitab Hukum Kanonik, kanon 460-468, dan dokumen Christus Dominus No. 36 kiranya memadai sebagai acuan dalam mempersiapkan Sinode sambil mendengarkan Dewan Konsultores, Dewan Imam, dan Dewan Pastoral Keuskupan.

Selanjutnya...

 

Mengenal Magister Caeremoniarius

Oleh Admin KAM

Sebuah perayaan liturgi besar sudah sepantasnya memiliki seorang atau lebih Caerominiarius.  Siapakah mereka itu sebenarnya? Barangkali tulisan ini bisa membuka cakrawala untuk semakin mengenal kehadiran caeromoniarius.

Ada seorang yang sama yang selalu berada di sebelah kiri belakang Paus pada setiap perayaan liturgi. Pernahkah Anda melihatnya di foto, siaran langsung atau rekaman misa kudus yang dipimpin Paus? Ia adalah “Maestro delle Celebrazioni Liturgiche Pontificie” atau Pemandu Perayaan Liturgi Kepausan (MC Kepausan). Anda mungkin lebih sering melihat Uskup Agung Piero Marini (tiga foto pertama), yang lebih dari 20 tahun melayani Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI. Mulai 1 Oktober 2007, Mgr. Piero Marini telah digantikan oleh Mgr. Guido Marini (tiga foto selanjutnya) yang kebetulan memiliki nama keluarga yang sama.

MC Kepausan tidak hanya mengatur seluruh perayaan liturgi yang dipimpin, dihadiri atau diselenggarakan atas nama Paus, ia juga harus menunjuk salah seorang pembantunya untuk mendampingi para kardinal dalam berbagai perayaan liturgi yang bersifat meriah.

 

Selanjutnya...

 

Sarasehan Liturgi di Aula Katedral

Oleh Komlit KAM

Pada hari Jumat, 14 Agustus 2015, bertempat di aula katedral diadakan Sarasehan Liturgi bersama para Imam, kaum religius. Sarasehan sendiri dilaksananakan dalam rangka Road Show Majalah Liturgi KWI ke Keuskupan Agung Medan. Ada 100 orang lebih peserta yang hadir. Ada dua tema yang didalami, yakni hakekat liturgi Katolik dan peranan Musik Liturgi. Liturgi Gereja Katolik adalah salah satu identitas Gereja katolik. Di dalamnya ada aturan dan sikap.

Selanjutnya...

 

Halaman 9 dari 10

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini139
mod_vvisit_counterKemarin726
mod_vvisit_counterMinggu Ini2568
mod_vvisit_counterMinggu lalu4088
mod_vvisit_counterBulan ini7386
mod_vvisit_counterBulan lalu16047
mod_vvisit_counterTotal513712