Headline

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita Duka
Berita Duka
banner
banner

Berita Duka

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN   mengucapkan TURUT BERDUKACITA yang sedalam-dalamnya   atas berpulang ke Rumah Bapa Bpk. SORI KORNELIUS SITANGGANG Orangtua dari PASTOR DANRISMAN SITANGGANG, O.CARM Pastor Paroki Sakramen Maha Kudus,…

Berita Duka

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN mengucapkan TURUT BERBELASUNGKAWA atas berpulangnya ke Rumah Bapa Sr. Robertha Malau, FSE tutup usia 63 tahun Semoga beliau mendapat tempat yang terbaik di sisi Bapa di surga,…

RIP

Berita Dukacita.. Telah meninggal dunia, RP. Eduard Verrijt OFMCap, Misiionaris Kapusin dari Negeri Belanda berkarya di Seminari Menengah PEmatangsiantar sampai akhir hayatnya. Meninggal di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar, Senin, dini…

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Sekilas tentang Intensi Misa

Oleh Admin KAM

Dalam misa, kita sering mendengar imam untuk mendoakan intensi atas permohonan umat: ucapan syukur, ulang tahun, agar mendapat pekerjaan, kelancaran usaha, dan lain-lain. Dan yang paling sering adalah doa untuk kedamaian kekal jiwa seseorang yang telah meninggal.

Intensi doa bagi arwah tentu ada dasar ajarannya, dan sudah mentradisi sejak berabad lalu. Dalam ensiklik Mirae Caritatis (Kasih yang Mengagumkan, 1902), Paus Leo XIII mengingatkan bahwa rahmat tak terhingga yang mengalir dari korban Misa sungguh berdaya guna bagi jiwa. Ada hubungan antara persekutuan para kudus dan Misa. “Rahmat saling mengasihi di antara mereka yang hidup, yang diperteguh dan diperdalam melalui Sakramen Ekaristi, mengalir kepada semua, termasuk dalam persekutuan para kudus. Sebab persekutuan para kudus adalah… mereka yang telah berada di tanah air surgawi, mereka yang berada di api penyucian, dan mereka yang masih berziarah di dunia ini”.

Selanjutnya...

 

Tata Ruang Liturgis Gereja

Oleh Admin KAM

Tentang “Gereja” dan “gereja”
Bahasa Yunani “ekklesia” diterjemahkan dalam bahasa kita menjadi “gereja”. Istilah “gereja” sendiri diturunkan dari bahasa Portugis “igreja”. Kita memahami “gereja” pada umumnya dalam dua makna, yakni sebagai [1] umat atau komunitas kristiani (dengan huruf “G” besar) dan [2] gedung atau rumah ibadat orang kristiani (dengan huruf “g” kecil). Secara liturgis, umat kristiani yang sedang berhimpun itu kita sebut sebagai jemaat. Sedangkan gedung atau rumah ibadatnya dapat kita sebut dengan “ruang atau tempat liturgis”, yang tentunya karena sudah memenuhi syarat-syarat untuk perayaan liturgi. Dalam pengertian liturgis inilah kita akan menilik segala sesuatu mengenai “gereja”.

Selanjutnya...

 

Tingkat Perayaan Liturgi

Oleh Admin KAM

1. HARI RAYA/SOLEMNITAS/SOLEMNITY:
Merupakan tingkatan tertinggi dari perayaan pesta/ feast. Hari Raya adalah untuk memperingati peristiwa- peristiwa dalam kehidupan Yesus, Maria atau para rasul; di mana peristiwa- peristiwa tersebut merupakan peristiwa utama/ sentral dalam rencana keselamatan Allah. Dalam Misa Kudus, perayaan hari raya ditandai dengan bacaan - bacaan Kitab Suci yang sesuai (Bacaan Pertama, Mazmur, Bacaan kedua dan Injil), pengucapan Kemuliaan, dan Aku Percaya. Setiap hari Minggu adalah hari raya.

Selanjutnya...

 

Mohon Tanggapan untuk Anggota Sinode

Oleh Tim Sekretariat Sinode

Sampai pagi ini, 8 September 2015,  Panitia Persiapan Sinode VI Keuskupan Agung Medan, baru menerima pendaftaran calon Anggota Sinode dari 10 (sepuluh) paroki:

  1. St. Antonius Medan-Hayam Wuruk,
  2. St. Fidelis Doloksanggul,
  3. St. Fransiskus Assisi Berastagi,
  4. St. Fransiskus Assisi Tigabinanga
  5. St. Lusia Parlilitan,
  6. St. Padre Pio Medan-Helvetia
  7. St. Pius X Aekkanopan
  8. St. Yohanes Pembaptis Pakkat
  9. St. Yosef Balige
  10. St. Monika Tiganderket.

    Selanjutnya...

 

Halaman 6 dari 10

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini226
mod_vvisit_counterKemarin381
mod_vvisit_counterMinggu Ini1407
mod_vvisit_counterMinggu lalu3945
mod_vvisit_counterBulan ini17408
mod_vvisit_counterBulan lalu24414
mod_vvisit_counterTotal377948