Headline

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita Duka
Berita Duka
banner
banner

Berita Duka

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN   mengucapkan TURUT BERDUKACITA yang sedalam-dalamnya   atas berpulang ke Rumah Bapa Bpk. SORI KORNELIUS SITANGGANG Orangtua dari PASTOR DANRISMAN SITANGGANG, O.CARM Pastor Paroki Sakramen Maha Kudus,…

Berita Duka

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN mengucapkan TURUT BERBELASUNGKAWA atas berpulangnya ke Rumah Bapa Sr. Robertha Malau, FSE tutup usia 63 tahun Semoga beliau mendapat tempat yang terbaik di sisi Bapa di surga,…

RIP

Berita Dukacita.. Telah meninggal dunia, RP. Eduard Verrijt OFMCap, Misiionaris Kapusin dari Negeri Belanda berkarya di Seminari Menengah PEmatangsiantar sampai akhir hayatnya. Meninggal di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar, Senin, dini…

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Penjelasan tentang Pengumuman

Oleh Admin KAM

Sejak awal sejarah sampai sekarang, pengumuman bukan merupakan bagian yang harus ada dalam perayaan liturgi. Karena itu Pedoman Umum Misale Romawi no. 166 mencatat, “Pengumuman untuk umat, kalau ada, dibacakan sesudah doa komuni”. Pernah terjadi pengumuman ditempatkan sebelum perayaan dimulai, sesudah bacaan Injil atau sesudah homili bahkan sesudah perayaan selesai. Sekarang pengumuman itu umumnya ditempatkan pada ritus penutup (sesudah doa komuni-bila dalam Perayaan Ekaristi-, atau sesudah doa penutup –bila dalam Perayaan Sabda Minggu). Ada pendapat bahwa pengumuman itu bukan hanya sekedar bacaan informasi-informasi baru melainkan pemberian tugas kepada umat apa yang harus dikerjakan dalam minggu ini.

Menurut Pedoman Umum Misale Romawi, no. 184 pengumuman dibacakan oleh diakon kecuali kalau imam sendiri ingin melakukan hal itu. Situasi nyata seperti Keuskupan Agung Medan pengumuman itu biasanya disampaikan oleh porhanger atau seorang lain yang ditugaskan untuk itu. Pengumuman bukan disampaikan dari mimbar sabda melainkan dari tempat khusus, misalnya dari tempat dirigen.

Selanjutnya...

 

Berbagai Nama untuk Ekaristi dan Maknanya

Oleh Admin KAM

Banyak istilah yang dipakai untuk menyebut Ekaristi. Ada yang mengungkapkan inti makna Ekaristi, ada yang hanya mengungkapkan salah satu aspek tambahan. Tetapi sekurang-kurangnya mengungkapkan apa yang dilakukan Allah dan apa yang dialami umat beriman. Nama-nama itu adalah:

Ekaristi (Didachè 910.14): Syukur. Nama paling populer di Timur dan Barat. Pertama-tama adalah syukur Yesus Kristus (bdk. IGMR 2). Kita ambilbagian dalam syukur pujian-Nya.

Selanjutnya...

 

Lirik Lagu Mari Umat Beriman

Oleh Admin KAM

Salah satu nyanyian inkulturasi dari wilayah KAM yang sungguh baik ilalah: Mari Umat Beriman. Lagunya berlanggam Karo. Nyanyian ini adalah salah satu nyanyian Perarakan. Nyanyian ini, bisa diiringi dengan tarian.

Bagi yang ingin mempelajarinya, silahkan klik dan pelajari.

silahkan download: Mari Umat Beriman

Dengar dan Pelajari: MP3 Mari Umat Beriman

 

 

Latihan Musik Liturgi

Oleh Admin KAM

Contoh Musik Liturgi,

Download PS 548: Dengar dan Pelajari;

Download PS 434: Dengar dan pelajari

Musik Liturgi adalah musik yang digunakan untuk ibadat/ liturgi, mempunyai kedudukan yang integral dalam ibadat, serta mengabdi pada kepentingan ibadat. Dalam Sacrosanctum Concilium (SC) art. 112 dikatakan: “Musik Liturgi semakin suci, bila semakin erat berhubungan dengan upacara ibadat, entah dengan mengungkapkan doa-doa secara lebih mengena, entah dengan memupuk kesatuan hati, entah dengan memperkaya upacara suci dengan kemeriahan yang lebih semarak.”
Musik/nyanyian liturgi mengabdi pada partisipasi umat dalam ibadat, seperti yang diuraikan dalam SC art. 114: “Khazanah musik liturgi hendaknya dilestarikan dan dikembangkan secermat mungkin. …. Para uskup dan para gembala jiwa lainnya hendaknya berusaha dengan tekun, supaya pada setiap upacara liturgi yang dinyanyikan segenap jemaat beriman dapat ikut serta secara aktif dengan membawakan bagian yang diperuntukkan bagi mereka.”
Musik Rohani adalah musik yang sengaja diciptakan untuk keperluan diluar ibadat liturgi, misalnya: pertemuan mudika, arisan-arisan, rekreasi, pelatihan, pentas musik rohani, rekaman, sinetron, nongkrong di café bahkan sampai dengan usaha membentuk suasana rohani di rumah.

Selanjutnya...

 

Halaman 4 dari 10

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini223
mod_vvisit_counterKemarin381
mod_vvisit_counterMinggu Ini1404
mod_vvisit_counterMinggu lalu3945
mod_vvisit_counterBulan ini17405
mod_vvisit_counterBulan lalu24414
mod_vvisit_counterTotal377945