Headline

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita Duka
Berita Duka
banner
banner

Berita Duka

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN   mengucapkan TURUT BERDUKACITA yang sedalam-dalamnya   atas berpulang ke Rumah Bapa Bpk. SORI KORNELIUS SITANGGANG Orangtua dari PASTOR DANRISMAN SITANGGANG, O.CARM Pastor Paroki Sakramen Maha Kudus,…

Berita Duka

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN mengucapkan TURUT BERBELASUNGKAWA atas berpulangnya ke Rumah Bapa Sr. Robertha Malau, FSE tutup usia 63 tahun Semoga beliau mendapat tempat yang terbaik di sisi Bapa di surga,…

RIP

Berita Dukacita.. Telah meninggal dunia, RP. Eduard Verrijt OFMCap, Misiionaris Kapusin dari Negeri Belanda berkarya di Seminari Menengah PEmatangsiantar sampai akhir hayatnya. Meninggal di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar, Senin, dini…

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Perlunya Pendidikan Liturgi

Oleh Admin KAM

Pengantar

Konsili Vatikan II, merumuskan bahwa “Liturgi adalah pelaksanaan tugas imamat Yesus Kristus; di situ pengudusan manusia dilambangkan dengan tanda-tanda lahir serta dilaksanakan dengan cara yang khas bagi masing-masing; di situ pula dilaksanakan ibadat umum yang seutuhnya oleh Tubuh Mistik Yesus Kristus, yakni Kepala beserta para anggota-Nya” (SC 7).
Pelaksana utama (subyek) liturgi adalah Kristus sendiri bersama dengan seluruh umat beriman dalam ikatan dengan Roh Kudus. Allah dalam diri Kristus hendak membebaskan, menguduskan dan menyelamatkan manusia. Seluruh umat beriman menyukurinya dan memuliakan Allah. Karya keselamatan Allah itu memuncak pada perayaan misteri paska, yakni sengsara, wafat dan kebangkitan Kristus (bdk SC 5).  Hakekat dari sebuah perayaan adalah pesta, peristiwa hidup dan keterlibatan bersama. Dalam liturgi, pengundang adalah Allah, dan undangan adalah manusia. Setiap perjumpaan berisi suatu tema (misteri yang dirayakan).

Selanjutnya...

 

Altar Sebagai Pusat Tata Ruang Liturgi

Oleh Admin KAM

Pengantar

Bila kita masuk ke dalam gereja, kita akan melihat sebuah "meja" besar terletak di Santuarium (ruang kudus). Di sekitar meja itu ada lilin bernyala. Meja apakah itu sebenarnya? Meja yang kita lihat dan temukan di sekitar santuarium sering disebut sebagai altar.

Asal kata “altar”

Sebenarnya asal usul kata “altar” kuranglah jelas, entah dari kata Latin “alta res” (hal yang tinggi) atau “alta ara” (altar yang tinggi). Orang-orang Romawi kuno sudah membedakan dua macam altar: [1] “ara” merupakan altar kecil yang dapat dipindah-pindahkan, dipakai untuk kegiatan kultik orang biasa, untuk pengenangan orang mati, dsb; [2] “altare” merupakan altar yang lebih monumental, dibangun menjulang, khususnya untuk kegiatan kultik kaum kalangan atas. Orang Kristen perdana meminjam istilah “altare” itu terutama untuk menunjuk pada meja Kurban Perjanjian Baru, yang diwartakan Melkisedek (Kej 14:17) untuk menunjukkan meja pada perjamuan malam terakhir yang diadakan Yesus dengan para murid-Nya (Mat 26:26). Kadang kala “altar” dipahami juga sebagai “mesbah”.

Selanjutnya...

 

Sekilas tentang Intensi Misa

Oleh Admin KAM

Dalam misa, kita sering mendengar imam untuk mendoakan intensi atas permohonan umat: ucapan syukur, ulang tahun, agar mendapat pekerjaan, kelancaran usaha, dan lain-lain. Dan yang paling sering adalah doa untuk kedamaian kekal jiwa seseorang yang telah meninggal.

Intensi doa bagi arwah tentu ada dasar ajarannya, dan sudah mentradisi sejak berabad lalu. Dalam ensiklik Mirae Caritatis (Kasih yang Mengagumkan, 1902), Paus Leo XIII mengingatkan bahwa rahmat tak terhingga yang mengalir dari korban Misa sungguh berdaya guna bagi jiwa. Ada hubungan antara persekutuan para kudus dan Misa. “Rahmat saling mengasihi di antara mereka yang hidup, yang diperteguh dan diperdalam melalui Sakramen Ekaristi, mengalir kepada semua, termasuk dalam persekutuan para kudus. Sebab persekutuan para kudus adalah… mereka yang telah berada di tanah air surgawi, mereka yang berada di api penyucian, dan mereka yang masih berziarah di dunia ini”.

Selanjutnya...

 

Halaman 7 dari 13

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini287
mod_vvisit_counterKemarin381
mod_vvisit_counterMinggu Ini1468
mod_vvisit_counterMinggu lalu3945
mod_vvisit_counterBulan ini17469
mod_vvisit_counterBulan lalu24414
mod_vvisit_counterTotal378009