Headline

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner
banner
banner
banner

Paroki Baru

Sabtu 29 Oktober 2016 Pada hari ini Keuskupan Agung Medan menambahkan sejaran penting dalam perjalanannya karena: 1. Pada Hari ini adalah hari Penetapan Kuasi Paroki St. Yohanes Paulus II menjadi…

Berita Duka cita

Hari ini, Senin 26 September 2016, telah dipanggil Tuhan, Ibunda tercinta dari RD. Sampang Tumanggor (Pastor Paroki Lubuk Pakam) dalam usia 81 tahun. Kita doakan bersama, agar Ibu kita ini…

HUT USKUP ANICETUS

25 September 2016 Hari ini Bapak Uskup Agung Medan, Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap Genap berusia 75 tahun. Selamat ulangtahun bagi Bapak Uskup... Bahagia dan bersukacita dalam tuntunan tangan Kasih…

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Penjelasan tentang Pengumuman

Oleh Admin KAM

Sejak awal sejarah sampai sekarang, pengumuman bukan merupakan bagian yang harus ada dalam perayaan liturgi. Karena itu Pedoman Umum Misale Romawi no. 166 mencatat, “Pengumuman untuk umat, kalau ada, dibacakan sesudah doa komuni”. Pernah terjadi pengumuman ditempatkan sebelum perayaan dimulai, sesudah bacaan Injil atau sesudah homili bahkan sesudah perayaan selesai. Sekarang pengumuman itu umumnya ditempatkan pada ritus penutup (sesudah doa komuni-bila dalam Perayaan Ekaristi-, atau sesudah doa penutup –bila dalam Perayaan Sabda Minggu). Ada pendapat bahwa pengumuman itu bukan hanya sekedar bacaan informasi-informasi baru melainkan pemberian tugas kepada umat apa yang harus dikerjakan dalam minggu ini.

Menurut Pedoman Umum Misale Romawi, no. 184 pengumuman dibacakan oleh diakon kecuali kalau imam sendiri ingin melakukan hal itu. Situasi nyata seperti Keuskupan Agung Medan pengumuman itu biasanya disampaikan oleh porhanger atau seorang lain yang ditugaskan untuk itu. Pengumuman bukan disampaikan dari mimbar sabda melainkan dari tempat khusus, misalnya dari tempat dirigen.

Selanjutnya...

 

Berbagai Nama untuk Ekaristi dan Maknanya

Oleh Admin KAM

Banyak istilah yang dipakai untuk menyebut Ekaristi. Ada yang mengungkapkan inti makna Ekaristi, ada yang hanya mengungkapkan salah satu aspek tambahan. Tetapi sekurang-kurangnya mengungkapkan apa yang dilakukan Allah dan apa yang dialami umat beriman. Nama-nama itu adalah:

Ekaristi (Didachè 910.14): Syukur. Nama paling populer di Timur dan Barat. Pertama-tama adalah syukur Yesus Kristus (bdk. IGMR 2). Kita ambilbagian dalam syukur pujian-Nya.

Selanjutnya...

 

Lirik Lagu Mari Umat Beriman

Oleh Admin KAM

Salah satu nyanyian inkulturasi dari wilayah KAM yang sungguh baik ilalah: Mari Umat Beriman. Lagunya berlanggam Karo. Nyanyian ini adalah salah satu nyanyian Perarakan. Nyanyian ini, bisa diiringi dengan tarian.

Bagi yang ingin mempelajarinya, silahkan klik dan pelajari.

silahkan download: Mari Umat Beriman

Dengar dan Pelajari: MP3 Mari Umat Beriman

 

 

Halaman 5 dari 13

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini171
mod_vvisit_counterKemarin723
mod_vvisit_counterMinggu Ini894
mod_vvisit_counterMinggu lalu3447
mod_vvisit_counterBulan ini19930
mod_vvisit_counterBulan lalu24414
mod_vvisit_counterTotal380470