Headline

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner
banner
banner
banner

Paroki Baru

Sabtu 29 Oktober 2016 Pada hari ini Keuskupan Agung Medan menambahkan sejaran penting dalam perjalanannya karena: 1. Pada Hari ini adalah hari Penetapan Kuasi Paroki St. Yohanes Paulus II menjadi…

Agenda Bapak Uskup

Hari ini Bapak Uskup Mgr. Anicetus B. Sinaga di Tiga Dolok.  Bapak Uskup memberkati gedung sekolah yang dikelola oleh Suster FCJM.  Kemudian Bapak Uskup juga akan memimpin upacara pendedikasian kapel…

Maria yang Berdukacita

Peringatan Santa Perawan Maria Berdukacita Hari ini Gereja sungguh berbahagia karena Bunda Maria ada selalu bersamanya. Bunda Maria memberikan pengajaran iman yang benar untuk dapat sampai kepada Allah melalui Yesus…

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Mari Membaca Ensiklik Laudato Si

ENSIKLIK LAUDATO SI==>Klik dan download

Tahta Suci secara resmi merilis ensiklik Paus Fransiskus Laudato Si': On the Care for Our Common Home (Terpujilah Engkau: Tentang kepedulian terhadap Rumah Kita Bersama) pada tanggal 18 Juni 2015.

“Ensiklik Paus Fransiskus itu adalah panggilan untuk persatuan – satu dalam doa untuk lingkungan, dalam Injil yang sama tentang ciptaan, dalam pertobatan hati dan gaya hidup kita untuk menghormati dan mengasihi semua orang dan segala sesuatu yang diberikan kepada kita oleh Allah.

Arti Etimologis

Secara etimologis, ensiklik berasal dari kata Latin “litterae encyclicae” yang asal muasalnya adalah kata Yunani `ekkuklios' yang berarti `according to…' dan kata `kuklos' yang berarti `circle'. Secara harafiah dapat diartikan “yang dikirim berkeliling”.


Ensiklik dalam Gereja Katolik

Dalam sejarah Gereja Katolik, pada mulanya ensiklik lebih dikenal dengan kata `circular' yang berarti surat edaran, surat yang berkeliling di antara para uskup dan uskup agung. Kemudian, mulai digunakan kata `litterae encyclicae' untuk menunjuk pada surat yang dikirimkan paus kepada para uskup. Sampai saat ini ensiklik digunakan untuk membedakannya dari  surat-surat paus yang lain dengan namanya masing-masing, misalnya: bulla, exhortasi apostolik, dll.

Ensiklik merupakan sebuah surat yang bersifat agung dan universal, biasanya teks resmi ditulis dalam bahasa Latin kemudian diterjemahkan ke pelbagai bahasa lain. Ensiklik dikirim kepada para patriark, uskup agung dan uskup di seluruh dunia, bahkan terbuka untuk seluruh umat Allah.

Isinya tidaklah pertama-tama untuk menyampaikan suatu dogma atau ajaran Gereja yang baru, tetapi terutama untuk lebih menggarisbawahi iman Gereja mengenai suatu tema yang aktual. Tujuannya adalah mengemukakan pokok-pokok penting dari ajaran Gereja, menganalisa suatu situasi atau keadaan khusus atau juga mengangkat seorang tokoh yang patut diteladani. Judul sebuah ensiklik biasanya diambil dari beberapa kata pertama dari keseluruhan teks ensiklik tersebut, di dalam bahasa Latin.

Ensiklik yang pertama dikeluarkan oleh Paus Benediktus XIV pada tanggal 3 Desember 1740, berjudul `Ubi primum'. Ensiklik “Deus Caritas Est” Paus Benediktus XVI ini merupakan yang ke-294. Paus Yohanes XXIII menerbitkan 8 ensiklik, Paulus VI menerbitkan 7 ensiklik dan Paus Yohanes Paulus II menerbitkan 14 ensiklik (yang terakhir adalah Ecclesia de Eucharestia, April 2003). Dari pengalaman nampak bahwa ensiklik perdana dari setiap paus menunjukkan `program' dari arah penggembalaan dan sekaligus semangat dasarnya sebagai pemimpin Gereja tertinggi.

Bagaimana Sikap Pribadiku?

Sebagai umat Katolik, tentu saja surat ini ditujukan juga kepada saya. Maka wajarlah jika saya berupaya pernah membaca, minimal mengetahui isi pokok atau garis besarnya, entah dengan membaca sendiri atau mendengarkan ulasan orang yang telah membacanya, atau dengan membaca ringkasan dan bahasan mengenai ensiklik tersebut. Jika Bapa Suci menjadikan ensiklik pertama ini sebagai basis program penggembalaannya, pantas juga bagi saya menjadikannya `pedoman arah' hidup Kristianiku. Untuk itu saya perlu berusaha `mencari tahu' dan menentukan beberapa prioritas pribadi untuk menghayatinya dalam hidup dan menyaksikannya dalam hidup bersama.

Semoga dengan keterangan ini, kita semakin tertarik membaca dan mendalami dokumen-dokumen Gereja yagn sungguh berharga dan bernilai. Mari Membaca Ensiklik Laudato Si. Salam sukacita. (ES: Sumber http://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/id170.htm)

 

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini323
mod_vvisit_counterKemarin372
mod_vvisit_counterMinggu Ini323
mod_vvisit_counterMinggu lalu2586
mod_vvisit_counterBulan ini8718
mod_vvisit_counterBulan lalu14980
mod_vvisit_counterTotal486409