Peranan Nyanyian dalam Liturgi

Pada umumnya, ada tiga aktivitas kita dalam Perayaan Liturgi: doa, nyanyian dan tata gerak. Ketiganya secara bersama-sama mau mengungkapkan sembah dan pujian kita kepada Allah.  Pada kesempatan ini, kita mau melihat secara khusus Peranan Nyanyian dalam Liturgi. Dalam SC 112 dikatakan: “Tradisi musik Gereja semesta merupakan kekayaan yang tak terperikan nilainya, lebih gemilang dari ungkapan-ungkapan seni lainnya, terutama karena nyanyian suci yang terikat pada kata-kata merupakan bagian Liturgi meriah yang penting atau integral”.

 

 

Tujuan Musik Liturgi adalah:
-    memuliakan Allah, dan
-    menguduskan umat beriman.

Musik liturgi haruslah erat hubungannya dengan perayaan liturgi yang dirayakan, hal itu tampak dari ciri-ciri/muatan nyanyian sebagai berikut:
-    mengungkapkan doa-doa secara lebih mengena
-    memupuk kesatuan hati umat
-    memeriahkan perayaan agar lebih semarak.

Dengan kata lain, tidak semua nyanyian (meski dalam teksnya termuat kata Tuhan atau surga) bisa dianggap sebagai nyanyian liturgi. Setiap nyanyian dalam liturgi harus memuat maksud dari bagian yang sedang dimasuki. Misalnya, Nyanyian Pembuka, Ordinarium, Persembahan, Komuni, Sesudah Komuni, dan Penutup. Tidak cocok setelah absolusi yang seharusnya “Tuhan Kasihanilah Kami” diganti dengan lagu “Yesus itulah satu-satunya....”.

Oleh karena itu nyanyian-nyanyian dalam perayaan liturgi harus ditata secara baik agar jangan serampangan. Koor sangat membantu untuk menghidupkan nyanyian liturgi. Dalam hal ini, koor bukan berarti bernyanyi tersendiri, terpisah dari umat lainnya, tetapi harus menjadi motor/penggerak bagi seluruh umat untuk bernyanyi secara serentak dan baik. Kadangkala ada nyanyian yang dibawakan berganti-gantian antara pemimpin-umat, solis-umat, koor-umat. Semua umat harus terlibat secara aktif dengan membawakan bagian masing-masing sesuai peranannya yang telah ditentukan.

Nyanyian Gregorian merupakan nyanyian khas dalam Liturgi Romawi (SC 116). Oleh kerena itu, nyanyian Gregorian harus diutamakan dalam Perayaan-perayaan Liturgi kita, meskipun jenis Musik Liturgi lain tidak dilarang.

 

Catatan:

Untuk Saran nyanyian setiap Minggu, lihat website ini di Kolom Saran Nyanyian TPS/TPS. Semoga bermanfaat!

ES

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini94
mod_vvisit_counterKemarin609
mod_vvisit_counterMinggu Ini1259
mod_vvisit_counterMinggu lalu4172
mod_vvisit_counterBulan ini12694
mod_vvisit_counterBulan lalu17615
mod_vvisit_counterTotal457034