Instruksi tentang Sinode Keuskupan

06.    Dalam Info Sinode kemarin, sudah dikemukakan upaya menyiapkan Tata Laksana Sinode VI Keuskupan Agung Medan. Tata Laksana itu mengacu pada “Instruksi tentang Sinode Keuskupan” yang diterbitkan oleh Kongregasi Uskup dan Kongregasi Evangelisasi Bangsa-bangsa, 19 Maret 1997 (lih. Enchiridion Vaticanum 16/266-319) dan “Pedoman Pelayanan Pastoral para Uskup” Apostolorum Successores (22 Februari 2004), No. 167-176. Kedua dokumen ini bersama Kitab Hukum Kanonik, kanon 460-468, dan dokumen Christus Dominus No. 36 kiranya memadai sebagai acuan dalam mempersiapkan Sinode sambil mendengarkan Dewan Konsultores, Dewan Imam, dan Dewan Pastoral Keuskupan.

 

Kedua dokumen tadi, dialihbahasakan untuk pertama kali oleh Mgr. Anicetus B Sinaga menjelang Sinode V Keuskupan Agung Medan (2008). Naskah itu kemudian dibandingkan dengan dokumen yang sama dalam bahasa Italia oleh RP Emmanuel Sembiring, pada Mei 2015 (sesudah terbentuknya Panitia Persiapan Sinode VI). Kemudian editing dan redaksi akhir ditangani bersama oleh tim Sekretariat Panitia Persiapan Sinode VI.

Puji Tuhan, dengan beberapa kali pembicaraan panjang, diskusi mendalam, dan tukar pandangan dengan sejumlah orang, Tata Laksana Sinode VI berhasil diselesaikan dengan mempertimbangkan konteks hidup menggereja di keuskupan ini. Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Anicetus B Sinaga, akhirnya mengesahkan dan memberlakukan Tata Laksana sebagai bahan bersama mempersiapkan dan melaksanakan Sinode VI Keuskupan Agung Medan.

07.    Semua surat untuk pendaftaran calon Anggota Sinode sudah dikirimkan ke alamat para Pastor Vikep, Pastor Paroki, Forum Komunikasi LHB, dan Pengurus Ormas Katolik. Panitia sangat mengharapkan agar surat tersebut dicermati dan ditanggapi. Instruksi tentang Sinode sangat menggarisbawahi pentingnya sejak dini penetapan anggota Sinode. Sehingga sejak awal, sesudah Sinode dipromulgasikan oleh Uskup, para anggota akan ditetapkan dan memulai perjalanan bersama dalam derap langkah yang sama menuju perayaan Sinode, September 2016. Beberapa kegiatan akan dilaksanakan oleh umat beriman di keuskupan ini, khususnya secara intensif oleh para anggota Sinode.
Mari kita sambut ajakan Bapa Uskup ketika mengumumkan pengerahan Sinode VI ini, pada 12Juli lalu, “...Mulai hari ini, kita mengawali perjalananbersama menuju perayaannya”.

Download Documents:

29 Agustus 2015
Tim Sekretariat Sinode VI

 

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini188
mod_vvisit_counterKemarin274
mod_vvisit_counterMinggu Ini710
mod_vvisit_counterMinggu lalu3017
mod_vvisit_counterBulan ini6002
mod_vvisit_counterBulan lalu14187
mod_vvisit_counterTotal666990