Depaskam

Dewan Pastoral Keuskupan Agung Medan

(DEPASKAM)

Alamat: PPU KAM Simpang Karangsari - Pematangsiantar

 

Ketua

Wakil Ketua

Sekretaris

Bendahara

: RP. Emmanuel J. Sembiring, OFMCap

: RD. Sebastianus Eka Bhakti Sutapa

: Bpk. Wilopo Hutapea

: Sr. Petra Silalahi, KYM

DEPASKAM adalah badan penasehat dan pertimbangan yang bertujuan membantu Uskup Keuskupan Agung Medan dalam hal pengembangan pastoral, demi semakin terwujudnya keselarasan hidup dan kegiatan Umat Allah dengan Injil (bdk. ES I, §1; KHK Kan. 511) dan terlaksananya pelayanan pastoral dalam Gereja yang menjadi hak umat beriman (bdk. KHK Kan. 213).

Dewan Pastoral Keuskupan Agung Medan telah dibentuk pada tanggal 28 Januari 1986. Kesadaran akan kesamaan sejati semua anggota Umat Allah (LG 32, 3; KHK Kan. 208) dan tanggung jawab bersama dalam membangun Tubuh Kristus (LG 31 dan 37) perlu diungkapkan dalam bentuk yang memadai, antara lain, dalam wadah Dewan Pastoral Keuskupan, seperti berkali-kali dianjrkan oleh Pimpinan Gereja (bdk . CD 27, AA 26, AG 30, Direktorium Pastoral 22-2-1973, Sinode Uskup 1971, KHK kan. 511).

Dewan Pastoral juga merupakan ungkapan dan kesaksian Gereja sebagai persekutuan persaudaraan, persekutuan dari persekutuan-persekutuan (FABC V, 1990, Bandung).

Kesadaran ini sudah lama hidup di kalangan Gereja Keuskupan Agung Medan, sebagaimana terungkap dalam sejarah perjalanannya sejak Rapat Diosesan (RD I tahun 1977, RD II tahun 1982, RD III tahun 1989, RD IV tahun 1996 – yang kemudian disebut Sinode – sampai Sinode V tahun 2008, yang pada dasarnya mengungkapkan kebersamaan dalam tanggung jawab atas hidup menggereja.

Untuk mencapai tujuannya, Depaskam bertugas:

1.

Mengamati, meneliti, mengkaji, dan mendalamai hal-hal yang menyangkut pelayanan pastoral di Keuskupan Agung Medan, dan membuat kesimpulan-kesimpulan praktis mengenai hal-hal tersebut (lih. KHK kan 511)

2.

Berdasarkan hasil pengamatan, penelitian, pengkajian, dan pendalaman tersebut pada ayat 1 pasal ini, mengajukan rekomendasi kepada Uskup Keuskupan Agung Medan sebagai bantuan untuk menentukan garis-garis besar kebijakan keuskupan di bidang pastoral.

3.

Berdasarkan pengamatan atas tanda-tanda zaman, memberi pandangan dan usul untuk perencanaan, anggaran keuangan, koordinasi, dan pelaksanaan, serta evaluasi atas program dan pelayanan pastoral di Keuskupan Agung Medan.

4.

Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan lembaga atau badan keuskupan dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan karya pastoral demi semakin berkembangnya karya pastoral di Keuskupan Agung Medan.

5.

Memilih orang-orang beriman kristiani awam dan para anggota tarekat-terekat hidup bakti untuk ambil bagian di dalam Sinode Keuskupan Agung Medan, menurut cara dan jumlah yang ditetapkan oleh Uskup Keuskupan Agung Medan (bdk. KHK kan. 463 § 1 butir 5).

 

Jadwal Bapa Uskup dan Vikjen

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini214
mod_vvisit_counterKemarin447
mod_vvisit_counterMinggu Ini2436
mod_vvisit_counterMinggu lalu4080
mod_vvisit_counterBulan ini11026
mod_vvisit_counterBulan lalu18371
mod_vvisit_counterTotal473737