Keuskupan Agung Medan | Archdioce of Medan

Evangeliarium dengan Bulan Kitab Suci Nasional

Oleh Admin KAM

Ada umat yang bertanya: Bulan September Bulan Kitab Suci, dalam Bait Pengantar Injil / Pembacaan Injil menggunakan Evangeliarium (Buku Bacaan Injil) atau Kitab Suci?


Evangeliarium tetap digunakan seperti biasa.

Dalam Misa Kudus, khususnya dalam Liturgi Sabda, kehadiran Evangeliarium melambangkan kehadiran

Selanjutnya...

 

Makna Nyanyian Perarakan

Oleh Admin KAM

Setelah umat bersiap-siap di dalam ruangan perayaan, dirigen atau pemimpin nyanyian mengumumkan nomor nyanyian yang hendak dilambungkan. Mereka bernyanyi dengan sukacita. Para petugas yang sudah terampil pun berjalan dengan wajah berseri-seri.

Nyanyian menciptakan keindahan iman seluruh Gereja yang satu dan kudus, tak hanya kesatuan di antara mereka yang sedang mengawali perayaan Ekaristi.

Dalam nyanyian itu segala perbedaan dan keunikan suara dipadukan. Suara Gereja sedang berkumandang. Suara yang menggemakan kesatuan iman, doa, dan pujian dari Gereja semesta di seluruh dunia. Kita meyakini pula bahwa suara Gereja itu sedang berpadu dengan suara-suara surgawi. Para malaikat dan orang-orang kudus turut bergabung dan bersukacita dalam perayaan Gereja. Ada misteri tersembunyi di balik keindahan umat yang bernyanyi.

Selanjutnya...

 

Doa-doa Dasar dalam Bahasa Latin

Oleh Admin KAM

Bahasa Latin telah lama menjadi bahasa resmi Gereja Katolik. Berbagai dokumen resmi Gereja ditulis dalam bahasa Latin lalu diterjemahkan ke bahasa lainnya. Bahasa Latin berfungsi sebagai ikatan untuk ibadah/ penyembahan Katolik, menyatukan orang-orang dari setiap bangsa dalam perayaan Liturgi Suci, yang memungkinkan mereka untuk menyanyi dan merespon dalam ibadah umum.

Pada zaman kuno, Latin adalah bahasa umum hukum dan bisnis, seperti bahasa Inggris yang digunakan masa kini.

Selanjutnya...

   

Hari Minggu: Hari Liturgi

Oleh Admin KAM

Ada berbagai nama yang dikenakan pada hari Minggu antara lain: Hari Tuhan, Hari Kebangkitan, Hari Istirahat, Hari Pertama, Hari Penciptaan, Hari Terang/Hari Matahari, Hari Kedelapan, Hari Gereja, dan Hari Ketiga. Hari Minggu sendiri berasal dari kata Portugis ”Domingo” yang artinya Tuhan. Jadi, Hari Minggu artinya hari Tuhan.

Selanjutnya...

 

Sarasehan Liturgi di Aula Katedral

Oleh Komlit KAM

Pada hari Jumat, 14 Agustus 2015, bertempat di aula katedral diadakan Sarasehan Liturgi bersama para Imam, kaum religius. Sarasehan sendiri dilaksananakan dalam rangka Road Show Majalah Liturgi KWI ke Keuskupan Agung Medan. Ada 100 orang lebih peserta yang hadir. Ada dua tema yang didalami, yakni hakekat liturgi Katolik dan peranan Musik Liturgi. Liturgi Gereja Katolik adalah salah satu identitas Gereja katolik. Di dalamnya ada aturan dan sikap.

Selanjutnya...

   

Halaman 5 dari 8

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini150
mod_vvisit_counterKemarin447
mod_vvisit_counterMinggu Ini2372
mod_vvisit_counterMinggu lalu4080
mod_vvisit_counterBulan ini10962
mod_vvisit_counterBulan lalu18371
mod_vvisit_counterTotal473673